Pages

Jumat, 26 September 2014

Selfie

Haiii... kali ini kita akan membahas tentang Selfie.
Selfie itu istilah apa sih? Banyak sekali remaja masa kini yang menggunakan kata "selfie". Bahkan sekarang selfie telah menjadi sebuah hobi baru tersendiri.

Selfie adalah istilah dimana saat kita mengambil sebuah foto diri kita dengan kamera depan handphone kita. Seiring berkembangnya waktu, selfie tidak hanya dilakukan sendiri, tetapi ada juga yang beramai-ramai bersama teman-teman. Foto yang seperti itu dinamakan Groufie, atau group selfie.

Jika kita terbiasa mengambil foto selfie, maka menentukan sudut pandang agar hasil foto lebih baik sudah tidaklah sulit. Sekali jepret langsung menghasilkan foto yang bagus, tetapiii, sebagian besar para remaja bisa menghasilkan sekitar 30 foto dalam sekali waktu selfie. Dengan berbagai gaya yang serius hingga lucu. Selfie sudah seperti menggambarkan ekspresi dan emosi kita melalui sebuah foto.

Jika kita mengambil foto selfie sendiri itu tidaklah sulit. Kalau beramai-ramai? Hingga 10 orang? Atau bahkan dengan teman satu kelas?
Sekarang telah ada alat yang namanya Tongsis atau tongkat narsis. Tongsis tersebut diujungnya terdapat besi dan karet untuk menahan handphone, sedangkan tongkatnya bisa kita panjangkan. Sehingga kita bisa lebih leluasa untuk mengambil foto selfie ataupun groufie. Caranya sangatlah mudah. Hanya pasang handphone di tempat yg ada di ujung tongkat, lalu panjangkan tongkatnya, setelah itu pasang timer di kamera untuk mengambil foto, dan... siap siap bergaya dan cheese! dapat deh fotonya.
Jika kita ribet dengan timer, ada pula sebuah alat untuk mengambil foto tanpa timer, yaitu ada yang namanya tomsis. Cara kerjanya hanya menggunakan bluetooth.

Terkadang, jika kita kurang puas terhadap hasil selfie/groufie, kita juga menggunakan beberapa aplikasi editor untuk mengedit foto tersebut sehingga menjadi lebih baik. Banyak sekali yang biasa digunakan untuk mengedit foto, seperti camera360, vsco cam, snapseed, litely, fotorus, picsart, pixlr, piclab, dan lain-lain.

Tetapi, kebanyakan selfie apakah ada efek samping yang negatif?
Sejauh ini, selfie telah membantu kita mengurangi stress dan dapat dijadikan sarana untuk mengungkapkan perasaan dan emosi kita.

Jika kita berbicara dengan dampak negatif sih ada beberapa. Berikut uraiannya via kompas:

1. Obsesi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Time, orang yang terobsesi dengan selfie secara psikologis diklaim mengalami gangguan mental. Sebab, hobi memotret diri sendiri merupakan refleksi sikap yang merasa diri cantik dan sempurna dibandingkan orang lain. Selain itu, selfie juga merupakan bukti rasa percaya diri yang rendah.

2. Respons negatif dari lingkungan sekitar
Mungkin hasil selfie membuat penampilan Anda tampak lebih cantik dan menarik. Namun, bagaimana dengan realitanya? Apakah Anda secantik seperti di foto? Inilah yang akhirnya menimbulkan pertanyaan dari lingkungan sekitar mengenai diri Anda. Tak jarang, dalam sejumlah kasus, beberapa orang malah berakhir menjadi bahan olok-olok di media sosial.

3. Menimbulkan rasa iri
Melihat selfie teman yang cantik, secara tak sadar, Anda jadi membandingkan diri dengan orang lain. Akhirnya, hal yang demikian pun jadi memengaruhi kepercayaan diri Anda.

4. Krisis percaya diri
Selain masyarakat pada umumnya, sejumlah selebriti dunia juga kegandrungan dengan selfie. Nah, melihat para selebriti rupawan tersebut berpose begitu menawan, tak pelak menciptakan standardisasi kecantikan di luar jangkauan. Akhirnya, tren ini pun menciptakan krisis identitas pada sebagian wanita, terutama yang berusia muda. Alhasil, tak sedikit dari mereka yang melakukan langkah ekstrem, seperti diet berlebihan dan operasi plastik.

5. Narsis berlebihan
Penelitian yang dipublikasikan pada Psychology Today menunjukkan, orang yang gemar selfie umumnya haus perhatian dan menginginkan atensi lebih dari lingkungannya.

6. Banyak yang benci
Hasil penelitian di Inggris menunjukkan bahwa banyak pertemanan dan hubungan rusak karena salah satu pihak gemar selfie. Sebab, banyak orang mengaku muak melihat orang yang sering berpose selfie dan mengunggahnya ke media sosial.


Nah, jadi kita sah-sah aja selfie. Kita tetep boleh kok selfie ataupun groufie, asalkan jangan berlebihan:)
Selfie
Groufie
Groufie menggunakan tongsis

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Gys!. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger