Pages

Rabu, 14 Januari 2015

ALL ABOUT "EXO"

EXO (Hangul: 엑소) adalah grup vokal pria Korea Selatan-Cina yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, yang akan melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di Korea Selatan dan Cina. Nama mereka diambil dari kata exoplanet, sebuah istilah untuk menyebut planet di luar Tata Surya. Singel debut mereka, "Mama", dirilis pada 8 April 2012, disusul oleh peluncuran album pertama Mama pada 9 April 2012

Sejarah

2011: Pembentukan

Pada bulan Januari 2011, produser S.M. Entertainment, Lee Soo-man, mengumumkan rencananya untuk membentuk sebuah boy band baru pada bulan Maret atau April 2011. Dinamai M1 untuk sementara, grup ini tampak terdiri dari tujuh anggota saat foto mereka berlatih tari di sebuah studio bocor di dunia maya. Pada bulan Mei 2011, Lee berbicara tentang grup ini dalam sebuah seminar bisnis Hallyu yang diselenggarakan di Universitas Stanford. Dalam presentasinya, dia menjelaskan strateginya untuk membagi grup ini menjadi dua subgrup, M1 dan M2, dan membuat mereka mempromosikan musik yang sama di Korea dan China, menyanyikan lagu baik dalam bahasa Korea maupun Mandarin. Lee awalnya berencana untuk meluncurkan grup ini pada bulan Mei 2011, namun debut mereka ditunda dan berita mengenai grup ini tidak beredar lagi sampai Oktober 2011 saat Lee mendiskusikan konsep grup ini secara singkat dalam sebuah wawancara dengan The Chosun Ilbo.
Pada Desember 2011, grup ini memfinalkan nama mereka menjadi EXO, dengan EXO-K untuk nama subgrup di Korea dan EXO-M untuk subgrup di Tiongkok. Dua belas anggota diperkenalkan secara perorangan melalui 23 video teaser yang dirilis dari bulan Desember 2011 sampai Februari 2012. Kai, Lu Han, Tao, dan Chen, empat anggota pertama yang diperkenalkan, tampil di depan publik untuk pertama kalinya dalam acara SBS Gayo Daejun pada 29 Desember 2011

2012: Debut dan Mama

Singel pendahuluan EXO-K dan EXO-M, "What Is Love", dirilis pada 30 Januari 2012 melalui iTunes dan berbagai situs musik online di Tiongkok dan Korea Selatan. Pada 9 Maret, mereka merilis singel pendahuluan kedua, "History", yang ditulis dan diproduksi oleh Thomas Troelsen dan Remee.
Sebuah konser showcase digelar di Olympic Stadium, Seoul pada 31 Maret, tepat seratus hari setelah EXO merilis trailer pertamanya pada 21 Desember 2011. Sekitar tiga ribu fans dari delapan ribu pendaftar terpilih untuk menghadiri showcase ini. Showcase kedua digelar di aula University of International Business and Economics di Beijing, Cina pada 1 April.
EXO-K dan EXO-M merilis singel debut mereka, "Mama" pada 8 April diikuti dengan album mini, Mama, pada 9 April. Pada 8 April, EXO-K membuat penampilan debut di program musik Korea Selatan The Music Trend, sedangkan EXO-M membuat debut mereka di Top Chinese Music Awards Cina pada hari yang sama. Satu hari setelah rilis, "Mama" menempati peringkat pertama di berbagai chart musik online Cina. Album EXO-M menempati nomor dua di Sina Album Chart Cina, nomor lima di Gaon Album Chart Korea Selatan, dan nomor dua belas di Billboard World Albums Chart. Album EXO-K memuncak di nomor satu Gaon Album Chart dan nomor delapan di Billboard World Albums Chart. Video musik EXO-M "Mama" menempati nomor satu pada website streaming Cina, sedangkan versi EXO-K menempati nomor tujuh di Global Chart YouTube. Pada akhir April 2012, EXO-M tampil sebagai tamu untuk tur konser Super Show 4 Super Junior di Jakarta, Indonesia.
Pada November 2012, EXO memenangkan Best New Asian Artist Group di 2012 Mnet Asian Music Awards. EXO-K menerima tiga nominasi di 27th Golden Disk Awards, memenangkan Newcomer Award. EXO-M menerima penghargaan Most Popular Group pada 2013 Top Chinese Music Awards.

2013: XOXO, Miracles in December dan sukses komersial

Pada Mei 2013, S.M. Entertainment mengungkapkan foto teaser untuk album comeback EXO, album studio pertama XOXO. Tidak seperti saat era Mama, ketika EXO-K dan EXO-M memiliki promosi terpisah, XOXO dipromosikan secara berkelompok. Subkelompok berkolaborasi untuk singel pemimpin album, "Wolf", tapi sisa album ini direkam secara terpisah.
XOXO dirilis pada Juni 2013 dalam dua versi, edisi bahasa Korea "Kiss" dan edisi bahasa Mandarin "Hug". Beberapa hari kemudian setelah perilisan, lagu di XOXO menempati tempat teratas hampir di setiap chart real-time dari website musik online Korea Selatan dan daratan Tiongkok. Kedua versi kolektif memuncak di nomor satu di Billboard World Album Chart satu minggu setelah rilis. Singel pemimpin "Wolf" memuncak di tempat pertama pada tiga program musik Korea Selatan, yang disebut "triple win." "Wolf" juga memenangkan penghargaan di MBC Music Show Champion, tapi lagu bernasib buruk pada chart musik download, mencapai hanya atas tiga puluh titik dalam grafik yang tercatat dari kedua Korea Selatan dan Cina.
Versi repackage dari XOXO, dengan tiga track baru, dirilis pada 5 Agustus 2013. Singel pemimpin, "Growl", diungkapkan via YouTube pada 1 Agustus 2013, sebagai sebuah video musik. Pada 18 Agustus, "Growl" mendapat 10.554 poin di chart The Music Trend, membuat rekor nomor satu dengan poin terbanyak untuk pertama kali. "Growl" mencapai nomor satu di keempat program musik utama Korea, memenangkan total sepuluh piala dalam tiga minggu berturut-turut. Singel memuncak di nomor tiga pada Billboard Korea K-Pop Hot 100 dan nomor dua di Gaon Singles chart. Pada Oktober 2013, semua versi dari XOXO secara kolektif terjual lebih dari 910.000 eksemplar, memecahkan rekor untuk penjualan tercepat dan terbanyak artis K-pop dalam dua belas tahun. XOXO mendapatkan penghargaan Album of the Year pada 2013 Mnet Asian Music Awards, membuat EXO menjadi boy band termuda untuk memenangkan penghargaan. Singel "Growl" juga mendapatkan penghargaam Song of the Year pada 2013 MelOn Music Awards.
EXO mulai bekerja pada album mini untuk comeback mereka, Miracles in December tak lama setelah menyelesaikan siklus promosi untuk XOXO. Pada Oktober 2013, EXO-M dikonfirmasi dalam sebuah wawancara untuk IQIYI bahwa anggota saat ini bekerja pada materi baru dan mengatakan kepada fans untuk tidak percaya pada rumor tentang comeback mereka. Album mini, terdiri dari enam track, telah memiliki pre-order lebih dari 400.000 memecahkan rekor baru. Miracles in December dirilis secara resmi pada 9 Desember 2013 di outlet komersial dan toko musik online Korea Selatan. EXO memulai promosi album di acara realitas EXO's Showtime, yang tayang perdana 28 November 2013 pada saluran MBC Every 1. Baekhyun, Chen, dan D.O. menampilkan singel utama, "Miracles in December", di M! Countdown pada 5 Desember.

2014: Overdose

Pada tanggal 1 April 2014, SM Entertaiment mengumumkan bahwa EXO akan merilis album mini. Perusahaan ini kemudian mengungkapkan bahwa judul album mini yang baru adalah "Overdose".
Pada tanggal 15 April 2014, EXO mengadakan showcase comeback mereka, disiarkan langsung secara online melalui Samsung Music, dimana mereka mengungkapkan kinerja dan video musik mereka pada album mereka, "Overdosis" untuk pertama kalinya. EXO-K dan EXO-M akan mempromosikan album ini secara terpisah pada waktu yang sama.

Anggota

EXO-K

Nama panggung (Stage Name) Nama lahir Tanggal lahir
Romanisasi Hangul Romanisasi Hangul Hanja
Suho (Leader) 수호 Kim Joon-myeon 김준면 金俊绵 22 Mei 1991 (umur 23)
Baekhyun 백현 Byun Baek-hyun 변백현 卞白贤 6 Mei 1992 (umur 22)
Chanyeol 찬열 Park Chan-yeol 박찬열 朴灿烈 27 November 1992 (umur 22)
D.O. 디오 Do Kyung-soo 도경수 度庆洙 12 Januari 1993 (umur 22)
Kai 카이 Kim Jong-in 김종인 金钟仁 14 Januari 1994 (umur 20)
Sehun 세훈 Oh Se-hun 오세훈 吴世勋 12 April 1994 (umur 20)

EXO-M

Nama panggung Nama lahir Tanggal lahir
Romanisasi Hangul Romanisasi Hangul Hanja
Kris 크리스 Wu Yi Fan 이지아흥 李嘉恒 6 November 1990 (umur 24) (keluar)
Xiumin 시우민 Kim Minseok 김민석 金珉硕 26 Maret 1990 (umur 24)
Lu Han 루한 Xi Lu Han 루한 鹿晗 20 April 1990 (umur 24) (keluar)
Lay 레이 Zhang Yixing 장이싱 张艺兴 7 Oktober 1991 (umur 23)
Chen Kim Jongdae 김종대 金钟大 21 September 1992 (umur 22)
Tao 타오 Huang Zitao 황지타오 黄子韬 2 Mei 1993 (umur 21)

Diskografi

Album studio
  • XOXO (2013)
Album mini
  • Mama (2012)
  • Miracles in December (2013)
  • Overdose (2014)

Tampil dalam video musik dan pertunjukan solo

Tahun Judul Artis Anggota
2008 "HaHaHa Song" TVXQ Chanyeol, Kai, Suho
2010 "GENIE" (Versi Jepang) Girls' Generation Chanyeol
2012 "Twinkle" Girls' Generation-TTS Chanyeol, Baekhyun, Kai, Sehun
"Dear My Family" SM Town D.O., Lu Han
"MAXSTEP" Younique Unit Kai, Lu Han
2013 "You Don't Know Love" K.Will Chanyeol
"Gone" Jin Xiumin
2014 "Breath" (versi Tiongkok) S.M. The Ballad Chen (bersama Zhang Liyin)
"Agape" (versi Tiongkok) Zhang Liyin Tao (bersama Victoria)

Filmografi

Drama televisi

  • 2012: To the Beautiful You (cameo) 

Tur konser

SMTown

  • SMTown Live World Tour III
  • The Lost Planet

Artis pendukung

  • Super Junior World Tour - Super Show 4 (EXO-M)
  • KCON 2012 (EXO-M)
  • KCON 2013

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Gys!. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger