Pages

Senin, 10 November 2014

HOW TO MAKE: DREAMCATCHER

Siapa sih yang belum kenal Dream Catcher? Benda asal suku pribumi Amerika yang akhir-akhir ini sedang booming di dunia maya, dan apalagi menjadi topik utama drama Korea popular The Heirs, Dream Catcher tentu menarik perhatian banyak orang yang berminat untuk membuat benda cantik ini sebagai aksesoris atau sekedar pemanis ruangan.

dream catcher


Bangsa Indian percaya, udara dipenuhi oleh aura-aura yang baik maupun buruk. Oleh karena itu mereka membuat Dream Catcher, yang dipercaya dapat menyaring mimpi-mimpi kita sehingga yang kita dapatkan hanyalah mimpi yang indah, sedangkan mimpi-mimpi buruk akan dijerat oleh jaring-jaringnya, dan kemudian akan dihapuskan saat matahari terbit.
Sekarang Dream Catcher sudah dikenal oleh dunia luas dan dapat dipakai oleh semua orang sebagai dekorasi ruangan atau aksesoris sehari-hari. Dengan bentuknya yang cantik dan unik, siapa sih yang tidak tertarik untuk memilikinya. Mau tahu cara membuat Dream Catcher?
Mari kita simak cara untuk membuatnya berikut ini:
Bahan:
1. Kulit pohon willow atau lingkaran kayu/besi (jangan berdiameter terlalu kecil di bawah 6 cm)
3. Tali kulit/pita
4. Tali nilon/benang jahit (warna sesuai selera, direkomendasikan jangan terlalu mencolok)
5. Pernak-pernik sesuai selera (umumnya bulu burung, manik-manik, batu alam kecil, dan berbagai pernak-pernik personal milikmu yang berukuran kecil)
Cara membuat:

1. Bentuk lingkarnya
buat dream catcher

(Apabila Anda menggunakan lingkaran besi/kayu, langsung ke tahap 2)
Letakan kulit willow di dalam semangkuk air hangat sekitar setengah jam, hingga kokoh dan tidak mudah patah saat dibengkokkan. Kemudian, bentuk menjadi lingkaran, putar hingga beberapa kali agar lingkar lebih kuat. Timpa dengan buku tebal agar menjadi pipih saat mengering.

membuat dream catcher

2. Lekatkan lem cair pada sisi luar lingkar dan ikat tiga tali/benang pendek pada lingkar dan bungkus dengan tali kulit/pita. Pastikan lingkar terbungkus tali/pita dengan rapi, dan tiap putaran tali/pita jangan sampai ada yang saling menimpa. Setelah putaran terakhir, kemudian sisipkan ujung tali/pita untuk membuat gantungan. Kuatkan dengan sedikit lem cair.
dream catcher


3. Mulailah mengayam jaring dengan mengikatkan benang di bawah lingkar tempat menggantung. Kemudian, tariklah benang beberapa centimeter ke bawah dan ikat beberapa kali. Ulangi dengan jarak yang sama hingga kembali ke posisi awal. Disarankan untuk membuat 8 buah titik ikatan bagi pemula. Anda dapat juga mencari tutorial variasi menganyam yang lainnya.
Catatan: buatlah renggangan tali antar ikatan sedikit longgar, karena akan ditarik pada tahap selanjutnya.
tips anyaman

4. Lanjutkan menganyam dengan mengikat benang/tali di tengah-tengah renggangan tali hasil anyaman pertama. Jangan lupa untuk menyisipkan sebutir manik-manik pada setiap renggangan. Lanjutkan hingga anyaman mencapai tengah lingkar/terlalu kecil untuk diikat, kemudian ikatlah ujung tali menjadi simpul agar tidak lepas.


dream catcher

5. Ikat 3 ujung tali yang ada di lingkaran dengan bulu. Dapat ditambahkan beberapa helai bulu lagi sesuai keinginan, boleh juga menggantung manik-manik atau aksesoris pilihan sendiri.
Anda dapat membuat Dream Catcher dalam berbagai ukuran, sesuai dengan selera Anda. Bisa juga simpul untuk menggantung diganti dengan tali panjang agar bisa dibuat kalung atau dibuat anting juga bisa. Selamat berkreasi dan menikmati mimpi indah!

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Gys!. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger