Pages

Selasa, 24 Maret 2015

CERPEN: MERAIH IMPIAN

Sebut saja dia Reno. Cowok kelas 5 SD yang sangat lemah di pelajaran IPA. Nilainya yang paling bagus dalam pelajaran IPA hanya nilai 4,5. Sisanya di bawah itu. Setiap hari, ia selalu di caci-maki oleh teman-temannya, “Reno tuh memang bodoh. IPA itu pelajaran paling gampang!” Hina salah satu teman Reno yang di ikuti oleh tawa temannya yang lain dan Reno hanya bisa diam. Maklum saja jika ia tidak bisa. Reno hanya orang miskin. Uang jajannya hanya Rp. 500 setiap hari. Ia tak mampu membeli buku. Ia hanya bisa meminjam buku temannya yang baik hati.
Lama-kelamaan Reno bosan dengan ejekan teman-temannya. Ia harus berusaha untuk mendapatkan buku IPA. Jadilah, Reno tidak jajan selama 20 hari! Ia tabung uangnya setiap hari, satu demi satu uang koin ia kumpulkan untuk membeli buku IPA yang harganya Rp.10.000.
20 hari sudah berlalu. Uang Reno telah terkumpul Rp.10.000 untuk membeli buku IPA. Dengan hati riang ia ke toko buku untuk membeli buku IPA. Begitu sampai rumah, ia langsung mempelajarinya.
Keesokannya, pak guru memberitahu bahwa besok akan di adakan ulangan IPA. Begitu sampai di rumah, Reno langsung belajar untuk ulangan besok.
Esok paginya di sekolah, sesuai di katakan pak guru, ulangan IPA akan di laksanakan. Reno mengerjakan dengan hati tenang. Tidak seperti sebelumnya dengan hati gelisah.
Seusai istirahat, pak guru membagikan ulangan IPA yang diadakan tadi pagi, “Reno, bapak sangat bangga padamu. Nilai ulangan mu menjadi nilai tertinggi, 9,5!” Kata pak guru bangga. Teman-teman Reno bertepuk tangan dan Reno mengambil hasil ulangannya dengan hati bangga.
Cerpen Karangan: Alda Elfariani
Facebook: www.facebook.com / Alda Elfariani
Alda Elfariani
SMPN 4 Tangerang

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Gys!. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger